(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pengabdian

Pelatihan Pembuatan Makanan Pendamping untuk Anak dan bayi dalam Mencegah Stunting

Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan memberikan informasi kepada mitra tentang ciri-ciri stunting dan cara mencegahnya dengan merubah pola hidup dan makanan yang bergizi bagi ibu hamil dan bayi. Namun, mitra masih minim dalam informasi mengenai stunting dan cara pencegahannya. Sehingga, tim PKM dan mitra akan melakukan pelatihan pembuatan PMBA melalui sosialisasi tentang cara pencegahan stunting dan pengenalan makanan yang bergizi bagi ibu hamil dan bayi.

Laporan: https://drive.google.com/file/d/1xLqMuBxhw1MXYGwoEQd2DrxTOsdBbG-j/view?usp=sharing

Sosialisasi Pengelolaan Bahan Kimia Kadaluarsa dan Limbah Praktikum Bagi Guru Kimia

Permasalahan:
Terdapat 68% sekolah memiliki laboratorium yang dimanfaatkan untuk melakukan praktikum sedangkan 28% sekolah lainnya tidak memiliki laboratorium sehingga praktikum dilakukan dalam kelas. Pengolahan limbah hasil praktikum yang dilakukan baik dalam laboratorium maupun dalam kelas dilakukan dengan cara: a) 96% sekolah tidak ada perlakuan sebelum limbah dibuang (pada tempatnya 48%; alam bebas 32%; wastafel 12%; dikubur 4%); b) 4% sekolah memiliki perlakuan sebelum limbah dibuang (diencerkan). selain itu, terdapat 11 dari 25 sekolah (44%) yang memiliki bahan kimia kadaluarsa dengan cara penanganannya seperti: a) disimpan 64%; b) dikubur 36%

Solusi yang ditawarkan:

Memberikan sosialisasi tentang cara mengelola limbah hasil praktikum dan bahan kimia kadaluarsa

youtube: https://youtu.be/oyjjXtTo4Fg?si=YcbeeTiZ6GsvZGMg

PKM Guru Kimia Kreatif dan Inovatif

Permasalahan:

  1. Penggunaan bahan ajar digital (bahan ajar berbasis web, games, animasi kimia)
    berbasis IT dalam proses pembelajaran masih sangat rendah dibawan 30%
  2. Penggunaan bahan ajar kimia berbasis web sederhana dalam proses pembelajaran
    hanya 28,1%
  3. Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis web sederhana yang pernah diikuti oleh
    guru-guru kimia di NTT hanya baru mencapai 25%
  4. Mengikuti pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis web sederhana hanya baru 18,8%
  5. Mengikuti pelatihan pembuatan animasi kimia hanya 6,3%;

Solusi yang ditawarkan:

  1. Pengenalan program-program kimia berbasis IT,
  2. Penjelasan umum tentang pembuatan bahan ajar berbasis web,
  3. Pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis web,
  4. Pelatihan pembuatan animasi-animasi kimia,
  5. Pelatihan chemLab bagi guru-guru kimia,
  6. Memberikan posttest kepada guru kimia peserta pelatihan.

youtube:

  1.  https://youtu.be/6VTvjHWdp2I?si=i34AMeCDz0vxVZvX
  2.  https://youtu.be/Ij2bYeWGxNk?si=JkEyTT1XudR_0zZb
  3. https://youtu.be/kC8nrqeRybY?si=F9N7PXmrh2WJzfmJ 
  4. https://youtu.be/HFp3ZnBImi8?si=6gQNLO3OW4P87PfW

KEGIATAN PENGABDIAN LAINNYA