(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Sambutan

KATA SAMBUTAN KOORDINATOR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan,

Selamat datang di Website Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana. Web ini dibuat untuk memberikan informasi terkait Program Studi S1 Pendidikan Kimia seperti data Dosen dan keahlian maupun arah penelitianya, bidang akademik yang sebagian untuk dapat diketahui oleh mahasiswa dan para pengunjung web yang membutuhkannya.

Program Studi S1 Pendidikan Kimia merupakan salah satu Program Studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 1993 dan hingga saat ini telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai instansi, baik pemerintah, swasta, BUMN, wirausaha dan lain sebagainya.

Program Studi S1 Pendidikan Kimia berkomitmen untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Kimia yang professional, berkarakter dan mampu bersaing di era globalisasi. Komitmen ini ditunjukkan melalui penerapan kurikulum yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), dengan menekankan kompetensi khusus tenaga pendidik (calon guru). Lulusan program studi S1 Pendidikan Kimia tidak saja dibekali ilmu pengetahuan tentang ilmu kimia dan didaktik kimia yang luas dan mendalam, tetapi juga dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi informasi (IT), kewirausahaan serta penguasaan bahasa Inggris yang memadai.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap dinamika perubahan professional kerja yang semakin kompetitif. Dinamika perobahan revolusi industri 4.0 yang terintegrasi dengan teknologi informasi menjadi esensi penting bagi Progam Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Undana untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan pada tingkat persaingan yang dihadapi. Hal ini menjadi pertimbangan bagi prodi untuk mensinergikan ekspektasi kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan dengan mengimplementasikan teknologi informasi pada setiap aktifitas Tridharma perguruan tinggi di lingkungan Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Undana. Secara spesifik, implementasi teknologi informasi ditunjukkan melalui proses pembelajaran/ perkuliahan yang telah menggunakan Layanan Manajemen Sistem (LMS) e-learning, daring, dan melalui perangkat teknologi informasi relevan lainya terkait dalam memberikan kemudahan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Proses transfer knowledge yang dilakukan juga didukung dengan meningkatkan kemampuan manajerial mahasiswa melalui keterlibatan mahasiswa pada kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh para dosen. Hal ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mensimulasikan implementasi teori terkait dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Web ini juga menyajikan berita-berita yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh dosen Pendidikan Kimia dan kolaborasinya dengan mahasiswa maupun pihak terkait.

Semoga web Program Studi S1 Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana ini dapat menjawab dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung.

Selamat berkarya, semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan kepada kita.

Terima Kasih.

Kupang, 1 September 2023
Koordinator Program Studi

Prof. Dr. Yantus A. B. Neolaka, S.Pd., M.Si.