(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Capaian Pembelajaran (CPL)

Capaian Pembelajaran Prodi S1 Pendidikan Kimia

Berdasarkan kualifikasi Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2012 untuk jenjang 6 (S-1) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2020, maka Standar Kompetensi Lulusan Prodi S1 Pendidikan dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S-1 Pendidikan Kimia yang dirumuskan sebagai berikut.

RANAH CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
1. SIKAP
1.1.  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

1.2.  menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

1.3.  berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

1.4.  berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung-jawab pada negara dan bangsa;

1.5.  menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

1.6.  bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

1.7.  taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

1.8.  menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

1.9.  menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

1.10.           menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

1.11.           mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

2. PENGETAHUAN

 

 

 

 

2.1.  menguasai konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya;

2.2.  menguasai konsep teoretis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogik kimia, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran;

2.3.  menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia;

2.4.  menguasai dasar-dasar metode ilmiah dan prinsip-prinsip penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung penguasaan sains kimia dan pembelajaran kimia pada abad ke-21.

Pengetahuan Tambahan sebagai Wirausahawan Kimia

2.5.  Menguasai filosofi, konsep, dan prinsip kewirausahaan.

3. KETERAMPILAN KHUSUS 3.1.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing melalui pendekatan TPACK dan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan lingkungan setempat sesuai standar isi, proses, dan penilaian sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.

3.2.  Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan TPACK dan saintifik dengan memanfaatkan sumber daya sekolah dan lingkungan setempat serta memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja (K3);

3.3.  Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada serta mengimplementasikannya dalam penelitian secara terbimbing.

Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Pendidik Kimia

3.4.  Mampu mengkreasi model pembelajaran etnokimia pada masyarakat dengan budaya lahan kering kepulauan dan pariwisata dengan menggunakan pendekatan TPACK, bakat, dan atau pengalaman khusus yang dimiliki.

Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Peneliti Pendidikan Kimia

3.5.  Mampu mengkreasi inovasi yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan kimia dan sains kimia melalui penelitian ilmiah berbasis budaya lahan kering kepulauan dengan menggunakan pendekatan TPACK, bakat, dan atau pengalaman khusus yang dimiliki.

Keterampilan Khusus Tambahan sebagai Wirausahawan Kimia & Tenaga Kerja

3.6.  Mampu mengkreasi produk-produk wirausaha pendidikan kimia dan sains kimia berbasis budaya lahan kering kepulauan dan pariwisata dengan  pendekatan TPACK, bakat, dan atau pengalaman khusus yang dimiliki.

3.7.  Mampu melakukan adaptasi dengan cepat terhadap jenis profesi apa saja yang tersedia di bursa lapangan kerja.

4. KETERAMPILAN UMUM 4.1.  mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4.2.  mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

4.3.  mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4.4.  mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4.5.  mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

4.6.  mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

4.7.  mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

4.8.  mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

4.9.  mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterangan: TPACK = Technological Pedagogical Content Knowledge.